PETUNJUK PELAKSAAN KERJA
PENERIMAAN TAMU
_________________________________
I. Definisi
Tamu adalah orang yang berkunjung keperusahaan namun bukan karyawan PERUSAHAAN ybs, termasuk
ex karyawan
II. Sikap
Security
- Berpedoman kepada “ Prinsip – Prinsip Penuntun Satpam “
- Bersikap security ( berdiri sikap sempurna ).
- Penghormatan, senyum dan menyapa dengan ramah
- Mengeluarkan kata – kata dengan santun, sopan dan berwibawa tapi tegas.
- Dilarang mengeluarkan kata – kata kasar sampai membuat tamu tersinggung.
- Menanyakan maksud dan tujuan kedatangan serta karyawan yang akan ditemui.
III. Proses
Tamu.
- Tamu diberikan penghormatan dengan sikap sempurna dan mengucapkan “ Selamat pagi / Siang / Malam Bapak / Ibu......bisa dibantu ? “
- Bagi tamu yang menggunakan kendaraan, diberikan penghormatan sikap sempurna dan mengucapkan “ Selamat pagi/siang/malam Bapak/Ibu....bisa dibantu ?.......” kemudian tamu dipersilahkan untuk parkirkan kendaraan dimarka yang telah disiapkan dan kemudian diminta kembali ke posko
- Tamu dipersilahkan isi buku tamu kemudian diminta tanda pengenal KTP/SIM dan dipersilahkan duduk diruang tunggu.
- Petugas menghubungi karyawan yang dituju.
- Bila jawaban karyawan tidak maka petugas memberikan penjelasan kepada tamu sesuai alasan yang diminta karyawan.... dan tamu dipersilahkan meninggalkan kantor PT. Tigaraksa Satria setalah kartu tanda pengenal dikembalikan kepada tamu
- Bila jawaban karyawan ya:
· Bila tamu ke kantor Petugas
security memberikan kartu visitor dan dipakai didada kanan
· Bila tamu ke gudang petugas
security memberikan kartu visistor, helm dan rompi kemudian di pakai oleh tamu.
· Tamu diberikan Safety briefing
“ Kami ucapkan selamat datang di PT. ........... Perlu kami informasikan bahwa TRS
menerapkan praktek keselamatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman,
efektif, dan produktif. Management TRS berkomitmen dalam membentuk organisasi
keselamatan kerja, menyediakan anggaran, menempatkan personel yang bertanggung
jawab dalam implementasinya, membuat perencanaan kerja, serta melakukan
penilaian secara berkala. Selama Bapak/Ibu berada
diarea kami, berjalanlah sesuai marka pejalan kaki, tidak meludah & membuang sampah sembarang, dilarang merokok
di sembarang tempat, bila menggunakan tangga peganglah handrail dan jika
terjadi keadaan darurat harap tenang dan tidak panik, ikuti petunjuk petugas
kami dilapangan “ kemudian tamu dipersilahkan masuk.
·
Setelah selesai berkunjung,
petugas mengembalikan kartu pengenal KTP/SIM dan meminta helem dan rompi dan
mengucapkan “ Terima kasih dan selamat jalan serta berhati hatilah dijalan
semoga selamat sampai tujuan “
- Tamu tidak diijinkan berkeliaran selama berada dalam area tigaraksa satria tanpa didampingi karyawan.
- Tamu yang menggunakan kendraan petugas diwajibkan untuk menuntun kendaraan tamu sampai keluar halaman TRS.
IV. Lain –
Lain
- Tamu yang karena permasalahan pribadi misalkan utang piutang dan mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan maka petugas security di wajibkan sebagai mediator sampai permasalahan tersebut selesai.
- Tamu yang hendak unjuk rasa atau datang berkelompok :
- · > 5 orang tamu berada di luar pagar dan laporkan pihak kepolisian setelah berkoordinasi dengan atasan dan mengetahui maksud dan tujuan......Security siaga dipagar gerbang dan melakukan tugas patroli.
- · < 5 orang tamu dipersilahkan menunggu diruang tamu. Meminta perwakilan maks 2 orang kemudian di proses sebagai tamu.Bila tamu tidak mau diproses sebagai tamu maka petugas berkewajiban menghubungi kepolisian.Bila ada tanda – tanda gangguan keamanan segera laporkan kepihak kepolisian. Panggil kepada anggota yang tidak bertugas untuk segera kekantor sebagai tugas lembur.
-
#ganti bupatiGerakan coblos nomor 3 - GKM Gerakan Karawang Maju #bupati baru #coblos nomor 3 #salam 3 jari #gampang diamprokan #panglima santri #pribumi
Posting Komentar